Tanaman


Tanaman yang tercabut, pasti akan meninggalkan sebuah lubang. Bekasnya mungkin mendalam. Sehingga sulit sekali untuk terkubur tertutup bahkan untuk terlihat sama seperti yang lain. Butuh waktu. Seperti lubang di dalam tanah, butuh waktu untuk menutupinya lagi, kuat sehingga sampai bisa kokoh menopang tanaman baru diatasnya. Entah berapa lama.

Semoga saja alam cepat menutupnya. Semoga saja alam bermurah hati menjatuhkan daun-daun disana, meniupkan kesana,Ā  membasahinya dengan air-air kesegaran. Mengumpulkan yang terserak, mengokohkan yang rapuh. Hingga tanaman baru dapat tumbuh subur disana. Lebih subur bahkan, karena sari-sari dedaunan yang telah terurai menjadi pupuk. Lebih rindang, lebih meneduhkan.

Tak bisa kita lupakan,Ā  sebelumnya disamping tanaman itu ada tanaman kecil lainnya. Yang ketika tanaman besar itu tercabut, mungkin juga akan ikut rapuh. Rusak. Ikut terkubur di dalam tanah, atau sekedar mengering terabaikan. Hilang terpaksa. Mati terbuang. Sayang.

Itu jika tanamannya kecil. Jika tanaman sekelilingnya adalah tanaman yang cukup besar, seharusnya mereka tak akan terpengaruh. Mereka punya akar yang kuat dan bahkan bisa jadi lebih kuat. Lebih mendalam menghujam kedalam bumi.

Mungkin kita kehilangan tanaman yang tercabut itu. Tapi, alangkah sayangnya jika dengan kehilangan sebuah tanaman, membuat kita tak bisa menikmati semua tanaman besar lain yang lebih rindang. Menikmati semua yang lebih indah yang pernah ada.

Semoga. Semoga segera.

3 thoughts on “Tanaman

  1. Mencerna ini agak lama, dan tidak berhasil juga menebak hal apa yang sedang kakak analogikan dengan tanaman itu. Hehe.

    Apa jangan-jangan ini emang lagi ngomongin tanaman beneran? Haha. Failed banget akulah kalo begitu.šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s