Sensitif Tersentak


Mungkin seperti ini rasanya jadi orang yang perasa. Atau orang lebih sering menyebutnya, sensitif. Ketika ada suatu hal yang agak menyentuh,atau menyinggung hati, rasanya benar-benar terasa.

Tapi aku harus sedikit meluruskan perbedaannya dengan orang yang suka galau. Meskipun tetap tidak ada yang mengatakan bahwa tidak boleh galau, tapi aku merasa bukan bagian dari galau-ers yang ada di muka bumi. Karena bedanya,menurutku, perasa adalah proses dan kedalaman perasaan terhadap sesuatu. Sementara galau, adalah perilaku (tidak) produktif setelah perasaan, menurutku.

Dan baiknya orang yang sensitif, dia mungkin mudah merasakan kondisi sekitarnya. Dia juga mudah tersentuh oleh hal-hal yang menyentuh hatinya. Mungkin dia juga mudah tersinggung, paling tidak tersentak hatinya untuk menyatakan bahwa tersinggung bukan selalu tindak respon negatif. Contohnya, seorang da’i yang berceramah, atau orator yang berorasi tugasnya adalah menyinggung hati para pendengarnya. Mungkin mudahnya, kumpulkan saja orang-orang sensitif, lalu suruh dengar penceramaah atau orator. InsyaAllah mereka mudah digerakkan karena hatinya sudah tersinggung.😀

….

Dan aku baru saja tersentak sebenarnya. Tersentak tentang kebenaran dari sebuah ketidakbenaran yang pernah aku lakukan. Mungkin karena si sensitif ini, rasanya masuk dan tersimpan dalam hati. Mengganjal.

Bukan kesalahan juga, seorang da’i menyampaikan kebenaran, lalu terganjal di hati pendengarnya. Hanya, ini menjadi pengingat sesuatu yang sudah coba dilupakan.  Tapi mungkin (lagi), memang baiknya kesalahan selalu kita ingat, agar menjadi penjaga kita untuk tidak mengulanginya lagi. Ingat kesalahan kita, lupakan kebaikan kita.

Terima kasih,kawan.🙂

Minggu Malam,
21072013
23:30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s