Balada Serba Terakhir


Aku benci masa-masa seperti ini. Sumpah, benci sekali. Jika bisa teriak sekuat-kuatya,sekeras-kerasnya untuk mengekspresikan rasa seperti ini, pasti akan aku lakukan berulang kali, sampai kelelahan dan terdiam sendiri.

..

Aku benci menyadari bahwa semuanya adalah tentang terakhir. 1 Bulan terakhir. Naik bis berempat dengan PM Tambora terakhir. Upacara terakhir di sekolah. Senja terakhir. Malam Terakhir. Pagi Terakhir, Mandi air dingin Tambora terakhir. Mandi di Sori Sumba yang terakhir. Pelukan terakhir. Naik motor bapak angkat terakhir. Menatap bulan Purnama terkahir. Memasuki sekolah yang terakhir. Berenang di Kenanga yang Terakhir. Tidur di kasur rumah yang terakhir. Pengajian terakhir. Sarapan, Makan siang, Makan malam terakhir dengan nasi dan piring di Tambora. Dan semua tentang terakhir lainnya.

Aku juga benci. Sumpah aku benci. Aku benci menikmati hari-hari terakhir ada di Kabupaten Bima. Aku benci menikmati hari-hari terakhir berdiskusi dengan PM 4 Bima. Aku benci menatap wajah mereka, melihat senyum mereka, tertawa bersama, berdebat, menyentuh. Aku benci masa-masa terakhir seperti ini.

Aku terlalu benci untuk menyadari bahwa ini semua adalah kepastian. “Jangan salahkan perpisahan, salahkanlah pertemuan”, adalah slogan yang aku dengar di acara-acara perpisahan. Tapi aku tak pernah menginginkan menyalahkan pertemuan. Aku bersyukur karena Allah mempertemukan aku dengan orang-orang terbaik, tempat-tempat terbaik, dan pada waktu-waktu yang terbaik.

Aku benci kehilangan kalian. Aku terlalu mencintai kalian. Semoga Allah selalu menghimpun kita dalam kebaikan, sehingga kita bisa bertemu lagi dalam kerja-kerja kebaikan yang lainnya. Terima kasih setahun penuh cinta ini. Semoga Allah memberikan cintaNya untuk kalian.

 

Terima Kasih banyak Nani, Morin, Budi, Kokoh, Petra,Dita, Slam, Gilar.

2 thoughts on “Balada Serba Terakhir

Leave a Reply

