Melankolis


Aku sesungguhnya tidak mengerti betul apa arti istilah itu. Yang aku tahu, beberapa orang sering menyebutku mempunyai sifat itu.

Perasa ; itulah sedikit yang kupercaya ada padaku.

Kau yang mengenalku kawan, akan tahu bahwa aku bahwa bahkan aku pernah menangis di hadapan yang lain, ketika ada dalam situasi yang mengharukan. Mengharukan menurutku.

Pernahkah kau ada di situasi, kau memimpin sebuah lembaga, dan kau mempunyai permasalahan yang dapat membuat salah satu partner kepercayaanmu mengundurkan diri?

Pernahkah kau berada di akhir sebuah proses mendidik yang kau dan partnermu usahakan,melelahkan dan kau sadar kau ada di akhirnya?

Pernahkah kau berada dalam tanggung jawab yang besar dalam “mendidik sekelompok orang”, kau dan semua partnermu menaruh harapan yang sangat besar pada proses itu, tetapi proses itu berjalan sangat mengecewakan?

Pernahkah kau mempunyai teman yang sangat dekat, selalu mendukungmu saat kau jatuh tak punya harapan, dan dia pergi jauh?

Aku sering berdoa kepada Allah , ‘ Ya Allah, lembutkanlah hatiku ,  lembutkan hatiku.. ‘

Kau tahu mengapa aku berdoa seperti itu?

‘ Agar aku bisa terus peka terhadap sebuah kondisi, terhadap sebuah kesalahan, terhadap sebuah peringatan, terhadap sebuah harapan.’

Karena aku yakin, semuanya berawal dari hati, melewati hati, dan berakhir pada hati.

2 thoughts on “Melankolis

  1. Maaf ya, jika dalam situasi tertentu (atau bahkan dalam banyak situasi), aku malah semakin menambah beban kakak, dan membuat jiwa perasa kakak semakin tersiksa. Terimakasih sudah memberi waktu istirahat. Kakak benar, menyalahkan diri memang tidak membantu sama sekali untuk membuat keadaan lebih baik. Dua hari ini aku sudah memikirkan bagaimana menjaga mereka dengan cara yang lain, sebab walau bagaimanapun, poin pentingnya adalah mereka. Mulai sekarang aku akan terus bersemangat, sampai semua berakhir dengan baik dan gemilang seperti yang diharapkan. Semoga, semoga. Semangat!🙂

Leave a Reply

