# Prof Emil Salim- UI Bukanlah sekumpulan


Ini tentang cita-cita. Ini tentang nilai yang terpatri dalam di dalam hati, dan selalu di pahat ukirannya dengan kerja dan kontribusi. Ini mengenai menjaga Ruh dari sesuatu. Inilah yang menjadikan beliau, mau turun tangan menjaga UI, ketika juniornya, yang kini menjadi pemangku jabatan tertinggi di Mercusuar UI itu, terlalu banyak melanggar ruh UI sebagai kampus perjuangan dan kampus Rakyat.
—————————————————-

Universitas Indonesia diselenggarakan berasaskan kemandirian moral untuk membangun perguruan tinggi sebagai kekuatan modal dalam membangun masyarakat yang demokratis dan mampu bersaing secara global.
UI bukanlah sekedar kumpulan gedung-gedung di kampus Depok atau Salemba.UI bukan pula kumpulan guru besar, dosen atau orang pintar serta mahasiswa yang rajin berkuliah Senin-Jum’at pagi-sore.

UI selama sejarah hidupnya adalah mercu suar kemandirian moral yang tegar berdiri dalam kegelapan masa apapun, diterjang angin taufan perlawanan sedahsyat apapun. Karena UI diisi oleh keberanian moral membangun masyarakat yang demokratis dan mampu bersaing secara global.

Saya memilih karier hidup saya 55 tahun lalu bekerja dari tingkat Asisten Dosen sampai Profesor Emiritus Universitas Indonesia. Marilah kita bersama pada masa akhir hidup saya kita tetap tegakkan almamater Universitas Indonesia meneruskan sejarah gemilangnya masa lampau untuk tetap menjadi kekuatan moral membangun masyarakat yang demokratis dengan tata kelola universitas yang berhati Nurani.

Jakarta, 5 September 2011

Emil Salim

-----------------
Ini hanyalah penggalan orasi Prof. Emil Salim tanggal 5 September 2011 di UI, ketika halal bihalal Civitas Akademika FEUI, dan Guru Besar UI. Versi lengkapnya dapat diunduh di sini

2 thoughts on “# Prof Emil Salim- UI Bukanlah sekumpulan

  1. sayang beliau tidak hadir tadi siang… walhasil, bersilat lidahnya sang rektor pun berhasil membuat terkesima para massa mengambang dan akhirnya memilih mendukung. semoga kebenaran segera terungkap, melalui siapapun itu nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s