Bapak Becak,LDK, IME dan permen karet..


Kemarin siang, tiba2 ada junior gw nelpon gw

adit: “‘cal, lo lagi dimana? ada bapak2 yang nyariin lo nih, dia bawa anak kecil gitu!!”

gw: “hah?? iya dit, gw di SC(student corner), dimana dia?”

Adit: ” dibawah..”

gw: ” yawdh, gw turun dah”

gw di SC ngomong ma anak2 yg di SC : “perasaan, belom ada anak orang yg gw “apa2-in” kok, udah minta tanggung jawab aja ya..” haha..

pikir gw, ooh, ini orang tua maba kali ya, pengen curhat minta bantuan gw, seperti yang kemaren2..

pas gw turun,. Hmm,, nggak ah, gak keliatan kayak orang tua maba kok, .ywdh.. gw ajak lah beliau ngobrol di gazebo elektro, biar lebih enak..

Beliau memanggil gw krna lihat organigram yang ada di mading IME. Katanya ” iya mas, saya lihat struktur itu, terus saya lihat mas orangnya bijaksana gitu, terus disana ada yang Sosial2 gitu ya, saya lupa apa namanya..”)hoo…

nah, bercerita lah si bapak ini, kalau beliau adalah seorang single parent sekarang . Istrinya baru saja meninggal karena tumor. Dia punya anak 2 orang, satu baru saja masuk SMK , satu lagi si anak kecil ini (yg beliau gendong– tak gendong, kemana-mana..) he..

beliau bercerita panjang banget.. dari mulai cerita anaknya yang tadinya mau masuk SMK negri, dengan nem yg cukup besar (34-red) tapi harus tergusur karena jatah SMK negri yang sedikit untuk luar jakarta (dia orang depok). Lalu terpaksa masuk SMK swasta. Terus dia lagi butuh uang untuk biaya anak-nya yang kelas 1 SMK itu untuk LDK (latihan dasar kepemimpinan) sebesar 100 rb rupiah.. Selain itu dia juga butuh uang untuk berobat ke Jakarta (ongkos-nya saja) di sebuah rumah sakit (katanya beliau dapet Jaminan kesehatan Masyarakat Miskin gitu, jadi gratis). Beliau mengaku, kalo sudah seminggu nggak narik becak lagi, karena bingung dapet dari becak sedikit bgt..

Hmm.. sudah jelas kan arah-nya kemana??

betul, anda betul..

trus saya tanya, dia sudah kemana aja, nyari dana ini (LDK + berobat). Beliau bercerita, kalo beliau sudah ke MUI, tapi nggak bisa karena pengurusnya ganti. sudah ke lembaga 2 amal gitu, tapi sulit..jadi dia keliling UI, berharap mahasiswa masih banyak yg baik..dia menyebut beberapa nama ; ada ustadz aceng toha, sampe Daus ketua BEMFTUI disebut juga..

oke.. baik..

selingan dulu y: ada yang lucu saat bapak itu ngobrol ma gw. si anak kecil itu ternyata di buka-in permen karet sama bapaknya,. tapi setelah gw perhatikan (udah abis 1 bungkus lebih kali), ternyata di telen sama anaknya. (WHATS!!) panik lah gw..

kata gw : ” pak, itu nggak boleh di telen, harus di buang, bahaya pak buat anak bapak” .

kata bapaknya : “iya mas, ini kasihan belom makan dari pagi” (???)

gw; “iya, tetep nggak boleh lah pak, bahaya ” (sambil gw coba ngambil dari tangan anak itu)

anak kecil itu teriak,,” HAAH!! Anj**g !! (wuih,,kaget gw)

gw: ” kok gitu c ngomong-nya!! gak boleh!!”

bapak: ” iya ni mas, anak saya emang suka gitu” (haah?? kaget lagi gw)

haah.. yasudh lah..


dah, udah selesai bercerita, gw jelasin deh. kalo misalnya struktur itu memang gw, dan ada sosma-nya, sosial masyarakatnya.. tapi kita lebih spesifik ke mahasiswa, dan karyawan..

yap, belom pernah terfikir kan gw sebenernya, bagaimana harus menyikapi situasi ini..

jadi gw jelasin sama si bapak: “kalo dari IME kita mungkin gak bisa bantu pak, tapi mungkin bisa dari uang priibadi mahasiswa disini, soalnya memang arahnya nggak yg seperti ini. kan ada lembaga ZIS yang lebih mmpuni di bidang ini.”

Yasudh lah.. gw ambil uang , gw kasih beliau.. dan pesan terakhir gw. kalo yang seperti LDK tadi pak, saya yakin sebenernya asal bapak mau ngasih pengertian ke anak-nya kalo gak harus ikut ( dan gak harus bayar), pasti bisa. Lebih baik bapak fokus buat makan, dan berobat. Kalo memang diwajibkan , sini biar saya telpon sekolahnya, ato kasih alamat sekolahnya, supaya saya lapor polisi. kalo memang ada pemaksaan buat yang gak mampu gitu.. (haah..)

Ya udah deh.. mudah2an bermanfaat dah tuh uangnya..Mudah2an bapak itu juga jujur cerita ke gw..

maklum, udh beberapa kali ngalamin yg kayak gini..

11 thoughts on “Bapak Becak,LDK, IME dan permen karet..

  1. ternyata kemarin bapak itu dateng lagi lho..

    ceritanya persis banget, tapi sekarang mintanya ke rohis elektro…

    hehe…

    -potret kehidupan masyarakat indonesia-

  2. oia, gw lupa ngasih tau..
    bukan cuma lw atau retro…
    gw dapet curhatan dari beberapa anak teknik, sampai maman kemaren juga cerita ke gw kalau beliau uda sampe ke ruang bem ketemu langsung ama maman, sebelumnya kak daus juga uda ketemu, dan sekarang gw pegang fotokopi KTPnya…
    hoho… semoga Allah mengampuni kita semua…

  3. paling suka sesi permen karet. duh, tuh anak. udah dikasih tau baik-baik, malah maki-maki. kayak dia ngerti aja dia ngomong apa. haha. pengen jitak rasanya. #agresif tingkat tinggi.

    tapi aku jadi ngebayangin ekspresi kakak. sabar banget sih, kak. ckck. apa takut karena ada bapaknya? haha. *itu mah aku.😀

  4. pas baca lagi tulisan ini, beneran deh. Ngerasa bingung,bagaimana si anak bisa memakan permen karet itu, dan bapak-nya ikhlas melihat anaknya memakannya.
    Ckck. Gak ngerti lagi deh beneran.

  5. haha. aku jadi ikut bingung ngeliat kakak bingung.

    jangan-jangan anak itu punya kesaktian, kak. makanya nggak masalah nelen permen karet. hehe. #mistisbangetdah

Leave a Reply

