Back To Campus!!


Back to Campus! Kalo anak2 FT yang sudah minimal satu semester di UI, pasti pernah denger yang namanya Back To Campus (BTC). BTC itu adalah kompetisi futsal warga teknik, dibuka buat semua warga teknik. Mahasiswa, karyawan, satpam, bahkan sampe pedagang kantek pun bisa kut kompetisi disini. Seru2an aja sih intinya.  Dengan tim yang bebas, pemenang bisa dapet hadiah kira-kira sekitar 500 ribu..

Yap, itu BTC yang versi anak teknik. Tapi bukan itu yang ingin gw bahas disini. Gw ingin bahas BTC yang lainnya. Back to Campus yang gw maksud disini adalah back to campus di tiga bulan masa liburan ini. Yap, back to campus buat Semester Pendek (SP) bagi yang mengambil SP. Semester pendek ini adalah fasilitas untuk mahasiswa yang ingin memanfaatkan waktu liburanya dengan kuliah. Mahasiswa dapat  mengikuti SP dengan membayar biaya kuliah per sks. Biaya per sksnya berbeda-beda di setiap fakultas. Di Fakultas Teknik, biaya SP per sksnya adalah 300 ribu. Biaya SP ini adalah nominal terbesar yang ada di Universitas Indonesia. Di Fisip misalnya, hanya membebankan biaya sekitar 80 ribu per sksnya.

Gw sendiri gak tau pasti, kenapa biaya SP di setiap fakultas itu berbeda. Ada yang bilang, karena biaya untuk menggaji dosen pengisi mata kuliah tersebut berbeda-beda. Ada info bahwa dosen-dosen FT (yang biaya SPnya tertinggi) harus dibayar lebih tinggi,karena waktu yang mereka pakai untuk mengajar saat liburan, sebenarnya dapat dimanfaatkan lebih untuk riset-riset yang “bernilai” jauh lebih tinggi. Ada opini lain, bahwa biaya mahal karena harus membayar juga karyawan2 fakultas. Namun, rasanya gw agak janggal dengan semua opini ini. Bukankah gaji dosen, ditetapkan karena pengalaman, dan golongan mereka sebagai PNS? Bukankah, para dosen-dosen sosial pun, juga mempunyai proyek2 bernilai tinggi.  Bukankan karyawan2 (di FISIP contohnya) juga harus di bayar, sama seperti di FT? Kenapa biaya SP FISIP, bisa ‘jauh’ lebih murah dibandingkan FT..

Yang bisa menjawab ini semua pastinya hanya pihak kampus, yang menyelenggarakan Semester pendek ini. Gw cuma mau menyorot hal ini sedikit saja. Sambil iseng2 karena sudah lama sekali tidak meng-update blog kesayangan gw ini. setalah hari itu..🙂

Namun ada yang bilang, SP fisip itu murah dibandingkan FT, karena Fisip lebih deket dari gerbang UI, FT kan jauh.. hehe..:)

3 thoughts on “Back To Campus!!

  1. walaupun “yg bisa menjawab ini semua pastinya hanya pihak kampus”, gw mau bilang bahwa waktu itu gw dapet info dari sumber yg sangat dipercaya — maaf gw gak bisa ngasih nama ataupun inisial sumber — di UI tuh uda dibahas masalah unit cost masing2 fakultas, baik di rumpun sains dan teknologi maupun rumpun sosial. untuk SP sendiri, ada standar dari UI, katanya tuh 200rb apa 250 rb gitu per sks. waktu gw ikutan kesma-link, tmn2 FE mpe shocked gitu karena naik dr 150rb.
    ntah deh, ini maksudnya apa. gw cuma selalu bisa beristighfar klo udah berfikir yg konyol2…😀

    oia, kalimat terakhir lw, itu konyol banget, bro!!! :))

    oo gitu,, makasih.. klo ada info lagi kasih tau y,,

  2. Tetep aja Sal. It’s about money. It’s just like trading. Dosen-dosen tersebut ditawari untuk bekerja di luar kewajibannya. Karena ga wajib, maka itungannya ya win-win solution. Dan pihak universitas maupun fakultas pun ga punya kewajiban ngadain SP. Jadi, SP itu semacam service plus aja.

    Kalau mahasiswa ga sepakat sama harga SP ya tinggal ga ikut. Toh tetep bisa lulus 3,5 tahun kalau mau berjuang.

    Begitu juga dengan fakultas. Kalau masang harga SP ketinggian, risikonya ya yg daftar dikit. Dapet duitnya bs jadi dikit juga. Sama kaya dagang aja ko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s