ITU BUKAN DEMONSTRASI !!!!


ITU BUKAN DEMONSTRASI! !!!

Udah denger kan.. Tentang berita demonstrasi di medan, sumatra utara, yang sampai membuat ketua dprd yang baru saja memimpin rapat, meninggal karena gagal jantung..

Dari media massa yang memberitakan tentang  ini, terlihat, massa demonstran awalnya hanya unjuk rasa biasa.. Tetapi, entah mengapa, para demonstran meningkat emosinya, sehingga memaksa masuk ruang rapat paripurna, dengan merusak pintu depan ruang rapat. Setelah itu, massa  merusak isi ruang rapat..

Tidak hanya itu, massa menggiring ketua dprd untuk keluar ruangan. Dengan penjagaan yang seadanya dari petugas keamanan, ketua dprd tersebut digiring keluar oleh para demonstran.Pada saat itu, ketua dprd tersebut sempat tertarik-tarik oleh massa, dan pingsan..Saat perjalanan dibawa ke rumah sakit, ketua tersebut menghembuskan nafas terakhirnya..

Berunjuk rasa/ demonstrasi  adalah hal yang wajar, di akui oleh negara, bahkan dilindungi oleh undang-undang. Karena berunjuk rasa adalah salah satu cara kita  untuk mengungkapkan pendapat. Namun yang terjadi pada kasus ini adalah cara unjuk rasa yang sudah tidak lagi dibenarkan. Dalam mengungkapkan pendapatnya alangkah baiknya jika kita tetap mempertahankan aspek moral, tetap dalam emosi yang stabil, tidak meledak-ledak bahkan menimbulkan kerusakan/ kerusuhan disuatu tempat.

Unjuk rasa, selain untuk mengungkapkan pendapat, juga tentunya ingin menarik simpati masyarakat tentang isu yang kita angkat, agar didapatnya dukungan tentang isu tersebut. Namun, jika cara yang kita gunakan tidak baik, merusak, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa, bukan simpati yang kita dapat, justru benci dan pertanyaan besar pada kita   ” siapa yang kalian perjuangkan?”‘

Beruntung, saya ada dikampus yang ketika melakukan demonstrasi, masih melekat dengan kuat rasa intelektual dan hati nurani, tanpa melemahkan semangat perjuangan..

F 7673 Brigade 04, Edisi 3

5 thoughts on “ITU BUKAN DEMONSTRASI !!!!

  1. mm.. fitri juga ga suka tu sama demo yang itu..
    tapi mungkin memang sudah takdirnya seperti itu..
    yang pasti memang ga boleh melakukan demo seperti itu, anarkis!

    mm.. menurut fitri, di balik itu pasti ada permainan politik,, yang pengen bikin proptap pasti karena oknum2 itu pada pengen jadi penguasa.. ya,, mungkin daripada susah jadi penguasa di daerah orang, mending bikin propinsi baru kan biar bisa jadi penguasa.. mm.. jadi sebel…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s